Konsultasi More on this category »
Budidaya More on this category »
Peraturan More on this category »

Pengaruh Pupuk NPK dan Urea Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L.)

PENGARUH PUPUK NPK DAN UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) MUFEING, STP. (PPL Dinas Pertanian Kabupaten Maros)

ABSTRAK
              Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui  Pengaruh Pupuk  NPK dan Urea  terhadap pertumbuhan dan Produksi  Tanaman Terung (Solanum melongena L.). 
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tenrigangkae Kecamatan Mandai Kabupaten Maros yang dilaksanakan mulai pada Bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Pebruari  2019.
            Penelitian ini menggunakan desain dengan Rancangan Acak Kelompok sedangkan analisis data menggunakan analisis varians dan dilanjutkan dengan kombinasi dari Uji Least Significant Differences (LSD) dan Uji Duncan Multile Range Test (DMRT) apabila terdapat beda nyata antar perlakuan dengan tingkat kepercayaan 95 %.
           Perlakukan berupa pupuk  NPK  dan Urea dengan 5 macam dosis yaitu  dosis  yaitu 15 gram NPK  Ponska + 20 gram Urea per tanaman (P1), 15 gram NPK Ponska + 30 gram Urea per tanaman (P2), 30 gram NPK Ponska  + 10 gram Urea per tanaman (P3), 30 gram NPK  Ponska + 20 gram Urea per tanaman (P4), 30 gram NPK Ponska  + 30 gram Urea per tanaman (P5).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
 (1). Pemberian  pupuk NPK dan Urea  pada tanaman terung dengan perlakuan P4 yaitu dengan dosis 30 gram NPK ditambah 20 gram Urea per tanaman memperlihatkan pertumbuhan dan produksi yang lebih baik terutama pada tinggi tanaman yaitu 131,50 cm, diameter batang yaitu 2,60 cm,  luas daun yaitu 302,94 cm2, jumlah cabang  yaitu 11,50 cabang, jumlah buah per plot yaitu 85,00 buah/plot,  jumlah buah per tanaman yaitu 14,17 buah/pohon, produksi buah per plot yaitu 20,40 kg/plot,  produksi buah per tanaman yaitu 3,40 kg/pohon..
(2). Pemberian pupuk NPK  dan Urea pada tanaman terung dengan perlakuan P3 yaitu dengan dosis 30 gram NPK ditambah 10 gram Urea per tanaman memperlihatkan pertumbuhan dan produksi yang lebih baik terutama pada  diameter batang 2,56, jumlah daun 111,83 helai, jumlah cabang 11,00 cabang/tanaman, jumlah buah per plot 85,67 buah/plot, jumlah per tanaman 14,28 buah/pohon     

Kata kunci : Pupuk NPK, Pupuk Urea, Tanaman Terung
DOWNLOAD DISINI

DAFTAR ISI
  1. HALAMAN JUDUL, HALAMAN PENGESAHAN , SURAT PERNYATAAN, KATA PENGANTAR, ABSTRA ABSTRACT, DAFTAR ISI , DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN  
  2. PENDAHULUAN, TINJAUAN PUSTAKA , METODE PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN DAN SARAN 
  3.  LAMPIRAAN DATA 
  4. LAMPIRAN FOTO-FOTO KEGIATAN








Copyright © 2013. Agronomi Pertanian - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger